Selasa, 19 Juni 2012

OLIMPIADE SAINS NASIONAL GURU (OSN GURU)

Kegiatan Olimpiade Sains Nasional (OSN) merupakan salah satu sarana peningkatan mutu pendidikan dan merupakan ajang untuk mencari bibit peserta didik berprestasi dalam bidang Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) sebagai calon peserta olimpiade  tingkat internasional.

Pencapaian prestasi Indonesia pada ajang internasional dinilai belum optimal. oleh karena itu peserta didik perlu didorong agar menyenangi mata pelajaran IPA, sehingga diharapkan dapat tumbuh bibit-bibit yang baik untuk diikutsertakan dalam kegiatan olimpiade.

Agar peserta didik dapat menyenangi mata pelajaran MIPA, diperlukan guru yang kompeten di bidang SAINS dan memiliki metode pembelajaran yang inovatif dan kreatif serta menggunakan teknologi tepat guna yang mudah dipahami oleh peserta didik.

Pada Tahun 2012 ini, Pusat Pengembangan Profesi Pendidik, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan menyelenggarakan Olimpiade sains Nasional untuk Guru ( OSN-Guru).

Tujuan Kegiatan OSN-Guru adalah:
1. Menumbuhkembangkan budaya kompetetif yang sehat dikalangan guru.
2. Meningkatkan wawasan pengetahuan, motivasi, kompetensi; profesionalisme, dan etos kerja keras  
    untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi di kalangan guru.
3. Membina dan mengembangkan kesadaran ilmiah untuk mempersiapkan generasi muda dalam   
    menghadapi masa kini dan yang akan datang.
4. Mengangkat status guru sebagai penyandang profesi yang terhormat, mulia, bermartabat, dan 
    terlindungi.
5. Membangun komitmen mutu guru dan peningkatan mutu pendidikan dan pembelajaran secara lebih 
    merata.

Dinas kabupaten Banyumas telah menyelenggarakan OSN - Guru untuk tingkat guru SMP yang pertama kali. kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 4 Juni 2012 bertempat di SMP Negeri 5 Purwokerto. OSN-Guru di ikuti 26 peserta yang mewakili klaster masing-masing, yang terdiri dari 13 peserta dari mata pelajaran matematika dan 13 peserta yang mewakili IPA. 

Tes seleksi dilaksanakan satu hari dengan materi profesional dan pedagogi,  soal terdiri dari pilihan ganda berjumlah 50 soal. adapun pemenangnya adalah untuk matematika yaitu Widodo, S.Pd dari SMP Negeri 1 Tambak dan untuk IPA yaitu Moh.Mufid, S,Pd dari SMP Negeri 1 Sokaraja.

Kegiatan selanjutnya adalah kegiatan rutin tahunan untuk itu diharapkan semua guru MIPA pada tahun berikutnya supaya siap mengikuti kegiatan tersebut OSN-Guru, demi peningkatan mutu pendidikan di kabupaten Banyumas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar