Minggu, 17 Maret 2013

ARCHIMEDES

Hukum Archimedes mengabadikan namanya, yakni Archimedes diperoleh ketika ia sedang berendam di bak mandinya. Selama mandi rupanya ahli fisika Yunani Kuno ini sedang memikirkan pekerjaan rumah yang diberikan Raja Syracaus. yaitu Herion II untuk menentukan mahkota raja terbuat dari emas murni atau campuran.

Raja Herion II yang masih kerabat Archimedes itu rupanya meragukan kejujuran seniman yang membuat mahkota tersebut. Perbandingan berat mahkota dengan berat zat cair yang dipindahkan saat benda itu benar-benar tenggelam memberi Archimedes ide tentang apa yang kini terkenal dan disebut sebagai "berat jenis benda". 

Begitu gembiranya ia menemukan kesimpulan ini, sampai-sampai ia meloncat dari bak mandi itu, lupa mengenakan lebih dulu, sambil berteriak-teriak eureka,eureka,eureka, dan berlari kerumah.

Archimedes hanya perlu memperoleh jumlah kuantitas emas yang digunakan untuk membuat mahkota itu, lalu menentukan berat jenisnya dengan proses yang sama. jika berat jenis emas dan berat jenia mahkota itu tidak sama berarti mahkota itu mengandung emas campuran. agaknya, tubuhnya yang berendam di bak mandi telah mengilhaminya. yang sekarang lebih terkenal dengan istilah Hukum Archimedes.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar