Jumat, 22 Maret 2013

Galileo Galilei



Galileo Galilie lajir di Pisa, Italia, pada tanggal 15 Februari 1564. Kuliahnya terhenti di Universitas Pisa karena tidak ada biaya. karena birokrasi belum seketat sekarang, Galileo diperbolehkan mengajar di Universitas Padua dan bermukin di sana hingga tahun 1610.

Selama bekerja di Universitas inilah, ia melakukan penemuan yang menakjubkan. Ini membuktikan bahwa gelar perguruan tinggi yang tak mampu diraihnya karena hambatan keuangan, tidak membuatnya menyerah. Ilmuwan sejati tidak pernah berhenti memburu apa yang menjadi sasaran rasa ingin tahunya, baik ada gelar maupun tidak.

Sumbangan Galileo yang nyata adalah mengenai hukum kelembaman dan penemuan pendulum tahu 1583. Akan tetapi penenmuan di bidang astronomilah yang membuatnya terkenal. Berkat teleskop yang diciptakannya untuk mengamati benda-benda angkasa, akhirnya ia menyimpulkan bahwa teori Copernicus yang mengatakan bahwa bumi mengitari matahari adalah benar.


Pada masa itu, teori yang terkenal dengan nama teori Heliosentris ini tdak mutlak diterima masyarakat. kalangan gereja, misalnya masih tetap menganggap bahwa mataharilah yang mngitari bumi atau dikenal dengan tepri Geosentris. Akibatnya hubungan galileo dengan gereja menjadi runyam. Ketika Paus Urban VIII dilantik, Paus pengagum Galileo memberi syarat kelonggaran bagi ilmuwan besar ini. ia menyususn buku yang memperkuat dukungannya atas teori Heliosentris. Ketika buku diterbitkan pada tahun 1632, rupanya masih ada penguasa Gereja yang tidak setuju. AKibatnya Galileo diseret ke pengadilan agama di Roma dan dikenakan tahanan rumah serta harus mencabut pendapatnya secara terbuka mengenai bumi beredar mengelilingi matahari.

Ketika ia mengalami kebutaan pada tahun 1638, Paus tetap melarangnya keluar rumah untuk berobat di Florence. Penemu yang taat beragama ini yakin kebenaran akan datang. Ia tetap melanjutkan  penelitian hingga wafat pada tanggal 8 Januari 1642 di rumah pengasingannya di Arcetri, di daerah perbukitan di atas  kota Florence.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar