Minggu, 17 Maret 2013

Thomas Alfa Edison

Thomas Alfa Edison, anak langka itu, lahir pada tanggal 11 Februari 1847 di kota Milan, Ohio, Amerika Serikat. tanpa disadari oleh gurunya, anak yang dikeluarkan dari sekolah ini ternyata berbakat besar sebagai pencipta dan pedagang. ketika ia baru berusia 21 tahun, ia membat ciptaan pertamanya, yakni alat perekam suara elektronik. Entah karena alasan apa, ciptaan perdana ini tidak dijualnya. Ciptaan kedua, mesin telegram yang mampu mencetak huruf secara otomatis dan dijualnya 40.000 dolar. Jumlah yang cukup besar pada masa kini, apalagi pada masa itu. Sejak itu ciptaa-ciptaan baru terus muncul bagaikan mengalir dibenaknya. namanyanya pun semakin melambung.


Penenuan-penemuannya umumnya merupakan pengembangan dari apa yang sudah dirintis oleh penenmu lainnya. Akan tetapi, hal ini bukan berati ia tak memiliki penemuan yang dianggap asli. contohnya, mesin piringan hitam yang hak patennya segera diurus atas namanya pada tahun 1877. Dua tahun kemudian berhasil mengembangkan bola lampu pijar yang bisa digunakan secara praktis pada tahun 1879. Kepraktisannya terletak pada sistem pemusatan tenaga listrik yang biasa disalukan ke rumah-rumah. pada saat itu sistem pertama yang ada. Sejak itu bakat wiraswasta Edison makin mencengangkan. Perusahaan yang didirikannya mulai memproduksi listrik untuk rumah-rumah di kota New York pada tahun 1882. 

Sistem penemuanya ini segera ditiru kota-kota lain seluruh dunia dan juga diterapkan disektor aneka industri hingga kini. Edison juga mengembangkan kamera dan proyektor, menyempurnakan alat telepon hingga jelas terdengar, menyempurnakan alat telegram, mesin ketik, mesin kopi dan lain-lain.
Pada masa kecilnya, Edison yang berasal dari keluarga bersahaja pernah berjualan koran, kacang, permen, dan kue-kue di kereta api. 

Pada akhir hayatnya ia meninggal di West Orange, New Jersey, Pada tanggal 18 Oktober 1931. Bila dihitung jumlah temuannya sekitar 3000 -an.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar