Hambatan bapak Ibu Guru naik pangkat antara lain karena kesulitan dalam mengumpulkan angka kredit terutama dalam Publikasi Ilmiah atau Karya Ilmiah, disini penulis memberikan contoh-contoh Judul PTK yang bisa dijadikan rujukan dalam penyusunan PTK.
Berikut ini contoh Laporan
Penelitian Tindakan Kelas dari berbagai Mata Pelajaran ( Pendidikan Agama
Islam, Bahasa Indonesia, bahasa Inggris, Bahasa Jawa, PKn, IPA Fisika, IPA
Biologi, IPA Kimia, Matematika, IPS Sejarah, IPS Ekonomi, IPS Geografi, IPS
Akuntansi, Pendidikan Jasmani/PENJAS, Seni Tari) dengan penerapan multi metode
(CTL, Inquiri, Lesson Study, Learning Cycle, Jigsaw, STAD, TGT, NHT, Role Play,
Permainan Ular Tangga, Permainan Dadu, Mind Mapping, Peta Konsep, Drill)
1. LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS ( PTK ) BAHASA INGGRIS
PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBAHASA MEMBACA SISWA KELAS VII B SMP NEGERI MELALUI
MODEL PEMBELAJARAN PBL TEKNIK BERCERITA
2. LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS ( PTK ) BAHASA INDONESIA
PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBAWAKAN ACARA DALAM AKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBICARA
DENGAN PENDEKATAN LESSON STUDY PADA PESERTA DIDIK KELAS VIIIA SMPN
3. LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS ( PTK ) PKn
PEMBELAJARAN PKn MENGGUNAKAN METODE PERMAINAN ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN
MOTIVASI BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI DASAR BUDAYA
DEMOKRASI
4. LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS ( PTK ) BIOLOGI
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF GROUP INVESTIGATION DENGAN PENDEKATAN
SALINGTEMAS (SAINS-LINGKUNGAN-TEKNOLOGI-MASYARAKAT) DALAM MENINGKATKAN
KEMAMPUAN KERJA ILMIAH DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF BIOLOGI SISWA KELAS X SMA
NEGERI
5. LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS ( PTK ) FISIKA
PENERAPAN PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN THE 5 E LEARNING CYCLE MODEL UNTUK
MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERTANYA GURU DAN SISWA SERTA PRESTASI BELAJAR SISWA
KELAS VII E SMP Negeri
6. LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS ( PTK ) KIMIA
PERBANDINGAN HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA YANG DIAJAR DENGAN MODEL
PEMBELAJARAN KONVENSIONAL, PROBLEM SOLVING DAN STAD PADA MATERI HIDROLISIS
GARAM PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI TAHUN AJARAN 2007/2008
7. LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS ( PTK ) MATEMATIKA
PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR SEGI EMPAT MELALUI
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PARTISIPATIF SISWA KELAS VII-A UPTD SMP NEGERI
8. LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS ( PTK ) PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
PENGGUNAAN METODE BERMAIN PERAN PADA PEMBELAJARAN SEJARAH ISLAM UNTUK
MENINGKATKAN PENGHAYATAN TERHADAP AJARAN ISLAM DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI
SISWA KELAS 2 SMP NEGERI
9.LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS ( PTK ) IPS GEOGRAFI
PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN MODEL GROUP INVESTIGATION (GI) UNTUK
MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMA
10.LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS ( PTK ) KIMIA
UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KIMIA DENGAN
MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE DI KELAS VII-F SMP NEGERI
11. LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS ( PTK ) IPS SEJARAH
PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN
PARTISIPATIF PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI KELAS XI.IPS.2
12. LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS ( PTK ) IPS EKONOMI
PENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MASALAH EKONOMI INTERNASIONAL PADA MATA PELAJARAN
EKONOMI TERHADAP SISWA KELAS XII-IS SMA NEGERI SEMESTER I MELALUI PENERAPAN
METODE BERVARIASI
13. LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS ( PTK ) IPS SOSIOLOGI
PENERAPAN PENDEKATAN KOLABORATIF MURDER DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL
BELAJAR SOSIOLOGI PARA SISWA KELAS XI IPS1 SMAN
14. LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS ( PTK ) TAMAN KANAK-KANAK
INTEGRASI OUTDOOR LEARNING DAN INDOOR LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN
ANAK DI TK XXXXX
15. LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS ( PTK ) IPA BIOLOGI
PENINGKATAN PEMAHAMAN SISWA KELAS 3 SMP NEGERI TERHADAP KONSEP KELANGSUNGAN
HIDUP ORGANISME MELALUI PENDEKATAN INKUIRI TERPIMPIN
16. LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS ( PTK ) MATEMATIKA
PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR SEGI EMPAT MELALUI PENERAPAN
MODEL PEMBELAJARAN PARTISIPATIF SISWA KELAS 2 SMP NEGERI
17. LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS ( PTK ) PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP HUKUM BACAAN NUN MATI DAN TANWIN SERTA MIM MATI
MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL SISWA KELAS 1 PADA SMP NEGERI
18.LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS ( PTK ) PENDIDIKAN JASMANI (PENJAS)
UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN DALAM PENGUASAAN TEKNIK DASAR LOMPAT JAUH GAYA
MENGGANTUNG (SCHNEPER) MELALUI METODE DRILL SISWA KELAS X 2 SEMESTER 1 SMA NEGERI
19. LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS ( PTK ) BAHASA JAWA
UPAYA MENINGKATKAN APRESIASI SASTRA JAWA PENGENALAN TOKOH WAYANG DENGAN CARA
PERMAINAN DALANG SEBAGAI PANCADAN PADA SISWA KELAS IX A SMP NEGERI
20.LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS ( PTK ) IPA
DENGAN MELALUI SIMULASI PERMAINAN DADU YANG UNIK AKAN MENINGKATKAN HASIL
BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI SMP
21. LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS ( PTK ) BAHASA INDONESIA
PEMANFAATAN MEDIA TELEVISI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KEMAMPUAN BERBICARA
SISWA KELAS IXE SMP NEGERI 1
22.LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS ( PTK ) IPA FISIKA
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TERHADAP KONSEP GELOMBANG MEKANIK MELALUI
PENDEKATAN KOOPERATIF MODEL TGT MENGGUNAKAN FIGJIG PADA KELAS III IPA SMA
NEGERI
23.LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS ( PTK ) BAHASA INGGRIS
PENERAPAN STRATEGI MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI BERBICARA BAHASA
INGGRIS SISWA KELAS XI IPA1 SMA NEGERI
24. LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS ( PTK ) PKn
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING (BERMAIN PERAN) DALAM MENINGKATKAN
PEMAHAMAN MAKNA KETERBUKAAN DALAM KEHIDUPAN BERBANGSA DAN BERNEGARA PADA SISWA
KELAS XI IPA-1 SMA
25. LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS ( PTK ) SENI TARI
IMPLEMENTASI TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR
TARI PUSPAWRESTI PADA SISWA KELAS VIII D SEMESTER GANJIL SMP NEGERI
DAFTAR JUDUL PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) TINGKAT SD,
SMP, SMA/SMK
No |
Judul |
1. |
MENINGKATKAN HASIL
BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VI SD NEGERI CILANDAK TIMUR 01 MELALUI
PENGGUNAAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) |
2. |
EFEKTIVITAS
PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP
NEGERI 02 KEBAGUSAN JAKARTA SELATAN |
3. |
MENINGKATKAN HASIL
BELAJAR AKUNTANSI MELALUI PEMBERIAN TUGAS PEKERJAAN RUMAH DENGAN UMPAN BALIK
SISWA KELAS I AKUNTANSI2 SMK NEGERI 2 DEPOK |
4 |
MENINGKATKAN HASIL
BELAJAR IPS MELALUI PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN INDUKTIF PADA SISWA KELAS
VI SD NEGERI JATI PADANG 06 JAKARTA SELATAN |
5. |
PENINGKATAN HASIL
BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VI SD NEGERI SDN PASAR MINGGU 02 MELALUI
METODE BELAJAR KELOMPOK |
6. |
PENINGKATAN HASIL
BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIIIA SMP NEGERI 2 BARRU MELALUI IMPLEMENTASI
ASSESMEN AUTENTIK |
7. |
PENINGKATAN HASIL
BELAJAR BAHASA INDONESIA MELALUI METODE DISCOVERY LEARNING PADA SISWA
KELAS VIIA SMP NEGERI 4 WATAMPONE |
8. |
MENINGKATKAN
KETERAMPILAN MEMBACA SISWA MELALUI BIMBINGAN KERJA KELOMPOK PADA SISWA KELAS
IXA SMP NEGERI 4 BEKASI |
9. |
PENINGKATAN HASIL
BELAJAR IPS SEJARAH PADA SISWA KELAS VIIIA SMP NEGERI 2 TANGERANG MELALUI
PENDEKATAN KONTEKSTUAL |
10. |
PENINGKATAN HASIL
BELAJAR GEOGRAFI MELALUI PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING PADA SISWA
KELAS VIII1 SMP NEGERI 1 BEKASI |
11 |
IMPLEMENTASI
ASSESMEN PORTOFOLIO UNTUK MENINGKATKAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS
XII IPA 1 SMA NEGERI 1 SUKAMAJU |
12 |
PENINGKATAN KEMAMPUAN
MEMBACA KREATIF MELALUI POLA LATIHAN BERJENJANG PADA SISWA KELAS VII7 SMP
NEGERI 03 DEPOK |
13 |
MENINGKATKAN HASIL
BELAJAR KETERAMPILAN TEKNIK MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES
TOURNAMENT PADA SISWA KELAS III1 SMK NEGERI 2 BEKASI |
14 |
MENINGKATKAN HASIL
BELAJAR MATEMATIKA MELALUI BIMBINGAN KERJA KELOMPOK PADA SISWA KELAS XII IPA3
SMA NEGERI 1 SUKAMAJU |
15 |
PEMBELAJARAN
MATEMATIKA BERBASIS KONTEKSTUAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA
SISWA SDN PEJATEN BARAT 06 |
16 |
PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN PROBLEM
POSING PADA SISWA KELAS I MO SMKN 1 BARRU |
17 |
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE RESITASI PADA SISWA
KELAS VI SD NEGERI PEJATEN TIMUR 01 |
18 |
MENINGKATKAN HASIL
BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VI SD NEGERI RAGUNAN 10 MELALUI METODE BELAJAR
KELOMPOK |
19 |
MENINGKATKAN
KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL-SOAL PERKALIAN DAN PEMBAGIAN MELALUI PENDEKATAN
PAKEM PADA SISWA KELAS VI SDN KALIBATA 01 JAKARTA SELATAN |
20 |
IMPLEMENTASI
ASSESMEN AUTENTIK(JURNAL DAN PR) PADA MODEL PENGAJARAN LANGSUNG DALAM
PEMBELAJARAN BIOLOGI SISWA KELAS VIII1 SMP NEGERI 1 BALOCCI |
21 |
PENINGKATAN HASIL
BELAJAR MATEMATIKA MELALUI TUGAS PEKERJAAN RUMAH DENGAN UMPAN BALIK SISWA
KELAS IV SD INPRES 10/73 BULU-BULU KABUPATEN BONE SULAWESI SELATAN |
22 |
PENINGKATAN HASIL
BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE PENEMUAN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI
KALIBATA 03 JAKARTA SELATAN |
23 |
PENINGKATAN
KEMAMPUAN MENGARANG SISWA KELAS VIIIA SMP NEGERI 2 KAHU MELALUI METODE DISCOVERY
LEARNING |
24 |
IMPLEMENTASI METODE
DISCOVERY LEARNING SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR EKONOMI
SISWA KELAS IX3 SMP NEGERI 2 BOGOR |
25 |
PENERAPAN PEMBELAJARAN
BERBASIS PORTOFOLIO UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATEMATIKA SISWA KELAS VIIIA
SMP NEGERI 03 BAJENG |
No |
PTK PAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (NEW) |
PENERAPAN
PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN
MEMECAHKAN MASALAH SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA
MATERI ZAKAT MALL TAHUN PELAJARAN 2010/2011 |
|
IMPLEMENTASI
PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN KREATIFITAS SISWA
DALAM PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MATERI PUASA SUNAH. TAHUN
PELAJARAN 20xx/20xx |
|
PENERAPAN
PEMBELAJARAN CROSSWORD PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI
CERITA NABI PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN
AGAMA ISLAM TAHUN
PELAJARAN…. |
|
IMPLEMENTASI
METODE SOSIO DRAMA DAN BERMAIN PERANAN UNTUK MENINGKATKAN MATERI
AKHLAQUL KARIMAH MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TAHUN
PELAJARAN 2008/2009 |
|
IMPLEMENTASI
PEMBELAJARAN MODEL KOOPERATIF GROUP INVESTIGATION UNTUK
MENINGKATKAN PEMAHAMAN TAHARAH (BERSUCI) SISWA PADA MATA
PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TAHUN PELAJARAN 2001/2002 |
|
IMPLEMENTASI
METHODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER UNTUK
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA SISWA KELAS… TAHUN
PELAJARAN 2008/2009 |
|
UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN
MANASIK HAJI DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING TOGETHER PADA
SISWA KELAS … SEKOLAH ……. KECAMATAN …… TAHUN
PELAJARAN 2009/2010 |
|
PENERAPAN
PEMBELAJARAN MODEL TAPPS UNTUK PEMECAHAN MASALAH HAL YANG MEMBATALKAN PUASA
PADA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MELALUI PADA SISWA
SEKOLAH…….. TAHUN 2001/2002 |
|
UPAYA
MENINGKATKAN KEDISIPLINAN BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI PEMBIASAAN DI
SEKOLAH… KEC…. /KAB…….. |
|
PENERAPAN
METODE PERMAINAN DALAM
MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI ASMA’UL
HUSNA PADA SISWA KELAS…. TAHUN PELAJARAN 2007/2008 |
|
APLIKASI
YEL-YEL MOTIVASI SEBAGAI STRATEGI REENFORCEMENT DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI
BELAJAR PAI SISWA TAHUN PELAJARAN 2009 / 2010 |
|
UPAYA
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA
ISLAM DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN ADVOKASI TAHUN PELAJARAN
2010/2011 |
|
|
UPAYA
MENINGKATKAN PEMAHAMAN PELAJARAN PAI DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN INSIDE
OUTSIDE CIRCLE PADA SISWA KELAS…. SEKOLAH… TAHUN
PELAJARAN 2009/2010 |
UPAYA
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS AL-QURAN DENGAN MENGGUNAKAN
METHODE PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DI SEKOLAH….. |
|
PENGGUNAAN
METHODE ARTIKULASI UNTUK
MENINGKATKAN KREATIFITAS SISWA DALAM
MATA PELAJARAN PAI DI
SD NEGERI…. |
|
|
.
NO |
MAPEL |
JUDUL |
PAI |
Upaya Meningkatkan Prestasi
Belajar Pendidikan Agama Islam Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Learning
Together Pada Siswa Kelas …. Tahun Pelajaran 2009/2010 |
|
Penerapan Methode Pembelajaran
Kooperatif Model Numbered Head Together Untuk Meningkatkan
Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Kelas… Tahun Pelajaran
2008/2009 |
||
Upaya Meningkatkan Proses Belajar
Dan Hasil Belajar Fiqih Shalat Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Diskusi
Pada Siswa Kelas……… SDN………. Tahun Pelajaran 2008/2009 |
||
Pembelajaran Kontestual Model
Pengajaran Pemberian Balikan Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan
Agama Islam Pada Siswa Kelas….. Tahun Pelajaran 2008/2009 |
||
Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Jigsaw Dalam Upaya
Meningkatkan Mutu Belajar Pendidikan Agama
Islam Pada Siswa Kelas Iv Sdn…….. Tahun
Pelajaran 2009/2010 |
||
1. |
BHS. INDO |
Penguasaan Kata-kata Bersinonim
dalam Menyusun Kalimat Efektif Pada Siswa Kelas ……………………………………. Tahun
Pelajaran 2005/2006 |
Upaya Meningkatkan Proses Belajar
dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Melalui Pembelajaran Berbasis
Konstruktivistik Pada Siswa …………Tahun Pelajaran……………… |
||
Penerapan Pembelajaran Kooperatif
Model Jigsaw Dalam Upaya Meningkatkan Mutu Belajar Bahasa Indonesia Pada
Siswa Kelas……….Tahun Pelajaran…………… |
||
Metode Demonstrasi Dalam Upaya
Miningkatkan Proses Belajar dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa
…………Tahun Pelajaran……………… |
||
Upaya Meningkatkan Proses Belajar
dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Melalui Pembelajaran Berbasis
Konstruktivistik Pada Siswa …………Tahun Pelajaran……………… |
||
2. |
TK/ RA |
PENGGUNAAN BUKU BESAR (BIG BOOK)
DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BACA TULIS ANAK DI TAMAN
KANAK-KANAK…………………TAHUN PELAJARAN 200X/2008 (new) PTK TK
atraktif (new) PTK TK kinestetik UPAYA MENINGKATKAN NILAI
KEPIBADIAN SISWA TAMAN KANAK-KANAK DENGAN METHODE PEMBELAJARAN MENDENGARKAN
CERITA TAHUN PELAJARAN 2010 / 2011 (NEW FEBRUARI 2011) |
3. |
AQIDAH AKHLAK |
PENERAPAN METODE PERMAINAN DALAM
MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AQIDAH AKHLAK MATERI ASMA’UL HUSNA PADA
SISWA KELAS V MI……TAHUN PELAJARAN 2007/2008 |
UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI
BELAJAR PENDIDIKAN AQIDAH DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN PAKEM
PADA SISWA KELAS …. |
||
4. |
B. INGGRIS |
Membangun Pemahaman dan Penguasaan
Kosakata Bahasa Inggris Melalui Permainan Pada Siswa Kelas …………… |
Meningkatkan Prestasi Belajar
Bahasa Inggris Melalui Pembelajaran Kooperatif Model Group Investigation(GI)
Pada Siswa Kelas ………………..Tahun Pelajaran 2001/2002 |
||
Strategi Metode Pengajaran
Autentik Dalam Meningkatkan Proses Dan Hasil Belajar Bahasa Inggris Pada
Siswa Kelas………………….Tahun Pelajaran 2003/2004 |
||
Pengaruh Metode Belajar Aktif
Model Pengajaran Terarah Dalam Meningkatkan Prestasi Dan Pemahaman Pelajaran
BAHASA INGGRIS Pada Siswa Kelas…………………..Tahun Pelajaran 2005/2006.” |
||
Model Pembelajaran Terstruktur
Dengan Pemberian Tugas Terhadap Hasil Belajar BAHASA INGGRIS Pada Siswa Kelas
…………………………………. Tahun Pelajaran 2005/2006 |
||
Meningkatkan Prestasi Belajar
Bahasa Inggris Melalui Pembelajaran Kooperatif Model Think-Pair-Share Pada
Siswa ………………………………………..Tahun Pelajaran 2001/2002 |
||
Meningkatkan Prestasi Belajar
Bahasa Inggris Dengan Menerapkan Metode Kooperatif Model Jigsaw Pada Siswa
Sekolah Dasar |
||
Meningkatkan Prestasi Belajar
BAHASA INGGRIS Melalui Pembelajaran Kooperatif Model Numbered Head Together
Pada Siswa Kelas ……………………………… Tahun Pelajaran 2004/2005 |
||
Meningkatkan Prestasi Belajar
Bahasa Inggris Melalui Pembelajaran Kooperatif Model TAPPS Pada Siswa
Kelas ………………………………….. Tahun Pelajaran 2001/2002 |
||
Penerapan Metode Kooperatif Model
TGT (Team Games Tournament) Sebagai Alternatif Meningkatkan Prestasi Belajar
BAHASA INGGRIS Pada Siswa Kelas…………………… Tahun Pelajaran 2004/2005. |
||
5. |
EKONOMI |
Meningkatkan Prestasi Belajar
Pendidikan Ekonomi Melalui Pembelajaran Kooperatif Model Learning Together
Pada Siswa …………………………………………….Tahun Pelajaran |
Pengembangan Pembelajaran Dengan
Pemberian Balikan Terhadap Hasil Belajar Bidang Ekonomi Koperasi Pada Siswa
Kelas …………………………………………………….. Tahun Pelajaran 2002/2003 |
||
6. |
GEOGRAFI |
Meningkatkan Prestasi Belajar
Geografi Melalui Pembelajaran Kooperatif Model Numbered Head Together Pada
Siswa Kelas ……………………………… Tahun Pelajaran 2004/2005 (New) MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR GEOGRAFI
MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN MICROSOFT OFFICE POWERPOINT TAHUN PELAJARAN… |
7. |
IPS |
Pengaruh Gabungan Metode Ceramah
Dengan Metode Kerja Kelompok Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial
Pada Siswa KELAS………………Tahun Pelajaran….. |
8. |
BHS.ARAB |
Penerapan Gabungan Metode Ceramah
Dengan Metode Simulasi Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Arab Pada
Siswa Kelas ………………………………. Tahun Pelajaran……… |
PENERAPAN METODE MUHADASAH UNTUK MENINGKATKAN
MOTIVASI SISWA BERLATIH BERBICARA DENGAN MENGGUNAKAN BAHASA ARAB PADA SISWA
KELAS………………TAHUN PELAJARAN……… |
||
9. |
MATEMATIKA |
Upaya Meningkatkan Prestasi
Belajar Matematika Melalui Metode Pembelajaran Kooperatif Model Jigsaw Pada
Siswa Kelas V SDN Sukumulyo III Kec. Pujon – Malang Tahun Pelajaran 2006/2007 |
Upaya Membantu Siswa Mengingat
Kembali Materi Pelajaran Matematika Lewat Metode Belajar Aktif Model
Memberikan Pertanyaan Dan Mendapatkan Jawaban Pada Siswa Kelas ……… Tahun Pelajaran
2004/2005 |
||
Penerapan Metode Pembelajaran
Kooperatif Model Team Assisted Individualization Untuk Meningkatkan
Prestasi Belajar Matematika Pada Siswa Kelas …………………………………………..Tahun
Pelajaran 2005/2006 |
||
10. |
QUR’AN HADITS |
UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI
BELAJAR PENDIDIKAN QUR’AN & HADIST DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN
LEARNING TOGETHER PADA SISWA KELAS …. |
Pembelajaran Kontestual Model
Pengajaran Pemberian Balikan Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar QH
Pada Siswa Kelas …………….Tahun ………… |
||
11. |
SKI |
Implementasi Metode Sosio Drama
Dan Bermain Peranan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran
Sejarah Kebudayaan Islam Pada Siswa Kelas ………… Tahun Pelajaran…. |
Upaya meningkatkan prestasi
belajar siswa dengan menggunakan metode artikulasi pada siswa kelas……. |
||
12. |
FIQH |
Upaya Meningkatkan Proses Belajar
dan Hasil Belajar Fiqih Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Diskusi Pada
Siswa Kelas ……….. Kecamatan …………. Kabupaten ……….. Tahun Pelajaran |
Penerapan Metode Tanya Jawab Dalam
Upaya Meningkatkan Mutu Belajar Pendidikan Fiqih Pada Siswa …………… Kecamatan
………. Kabupaten ……. Tahun Pelajaran…… |
Bagi rekan Guru yang masih mengalami kesulitan dalam menyusun laporan PTK bisa menghubungi ( 081327780505)
BalasHapus