Penerapan penjaminan mutu dalam
bidang pendidikan, memerlukan komitmen yang tinggi dari seluruh unsur yang
terlibat dalam proses pendidikan. Komitmen itu terutama dicerminkan dari
kinerja yang semaksimal mungkin diarahkan untuk memberi jasa pendidikan kepada
konsumen, terutama peserta didik, sesuai dengan kebutuhannya. Salah satu kegiatan penting
dalam kegiatan perbaikan mutu adalah penilaian kemajuan. Penilaian ini mencakup
semua langkah yang telah ditetapkan dalam perencanaan dan kemajuan yang telah
dicapai dalam setiap langkah kegiatan dalam kurun waktu satu tahun. Penilaian kemajuan itu sering dalam pengalolaan sekolah yang disebut dengan Evaluasi Diri Sekolah atau EDS.
Evaluasi
diri sekolah (EDS) merupakan
komponen penentu yang sangat penting dalam sistem pengembangan pendidikan
nasional karena dengan EDS sekolah berperan dalam membangun informasi
pendidikan nasional terutama dalam memotret kinerja sekolah dalam penerapan SPM
dan SNP. Informasi yang terbangun menjadi dasar untuk dasar perencanaan
peningkatan mutu berkelanjutan dan pengembangan kebijakan pendidikan pada
tingkat kab/kota, propinsi, dan nasional. EDS dikembangkan sejalan dengan sistem
penjaminan mutu, khususnya yang terkait dengan perencanaan pengembangan sekolah
dan manajemen berbasis sekolah.
EDS bukanlah proses yang birokratis atau mekanis,
melainkan suatu proses dinamis yang melibatkan semua pemangku kepentingan dalam
sekolah. EDS perlu dikaitkan dengan proses perencanaan sekolah dan dipandang
sebagai bagian yang penting dalam kinerja siklus pengembangan sekolah. Sebagai
kerangka kerja untuk perubahan dan perbaikan, proses ini secara mendasar
menjawab 3 (tiga) pertanyaan kunci dibawah ini:
- Seberapa baikkah kinerja sekolah kita? Hal ini terkait dengan kriteria untuk perencanaan pengembangan sekolah dan indikator yang relevan dari SPM dan SNP.
- Bagaimana kita dapat mengetahui kinerja? Hal ini terkait dengan bukti apa yang dimiliki sekolah untuk menunjukkan pencapaiannya.
- Bagaimana kita dapat meningkatkan kinerja? Dalam hal ini sekolah melaporkan dan menindaklanjuti apa yang telah ditemukan sesuai pertanyaan di atas (perencanaan pengembangan sekolah
Evaluasi
diri merupakan
upaya sekolah untuk mengetahui gambaran mengenai kinerja dan keadaan dirinya
melalui pengkajian dan analisis yang dilakukan oleh sekolah sendiri berkenaan
dengan kekuatan, kelemahan, peluang, tantangan, kendala, bahkan ancaman.
Pengkajian dan analisis itu dapat dilaksanakan dengan memanfaatkan pakar
sejawat dari luar sekolah, sehingga evaluasi-diri dapat dilaksanakan secara
objektif.
Untuk lebih lengkap silahkan pedoman EDS 2013 di download di sini
Contoh Instrumen bisa download disini
benar benar blog yang sangat membangun
BalasHapusSalam
Lowongan Kerja Purwokerto