MANFAAT “BERMUTU” DALAM PENINGKATAN
MUTU
Program “BERMUTU” merupakan program
pemerintah yang dikelola melalui Dirjen PMPTK, program ini akan membawa dampak
sangat positif untuk peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia. Karena
program kegiatan ini akan secara linier sama antara guru, kepala sekolah dan
pengawas sekolah. Yang selama ini belum pernah ada model pelatihan seperti yang
dilaksanakan program “BERMUTU” melalui DBL ini. Dan hasil akhir adalah
peneningkatan kualitas pengawas sekolah, kepala sekolah, guru dan jika ketiga unsur diatas mempunyai
kualitas baik maka proses pembelajaran juga akan baik dan peserta didik akan
mengalami peningkatan kualitas.
A. Manfaat Program BERMUTU:
1. Bagi Kepala Sekolah
a. Meningkatnya kompetensi dalam menyelenggarakan Pembelajaran yang Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAIKEM) serta pengelolaan manajemen sekolah.
b. Melalui keikutsertaan kegiatan di MKKS dan FMKKS dapat diajukan untuk memperoleh Pengakuan Pengakuan Kerja dan Hasil Belajar (PPKHB) bagi kepala sekolah yang akan meningkatkan kualifikasi akademik ke jenjang S1/D-IV dengan ketentuan yang berlaku.
c. Melalui keikutsertaan kegiatan secara aktif dan terus menerus di MKKS dan FMKKS dapat diajukan untuk memperoleh sejumlah angka kredit untuk kenaikan pangkat sebagai
salah satu bentuk kegiatan pengembangan keprofesian kepala sekolah berkelanjutan sesuai dengan ketentuan yang berlaku
d. Terhimpunnya dokumen portofolio yang dapat digunakan untuk kebutuhan peningkatan
kualifikasi akademik kepala sekolah ke jenjang S1/D-IV dan pengembangan keprofesi
kepala sekolah berkelanjutan
2.
Bagi Sekolah
- Adanya kaitan antara pendidikan dan pelatihan kepala sekolah di MKKS dan FMKK dengan pembenahan pembelajaran di sekolah
- Tersedianya kepala sekolah yang profesional dan mampu meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah.
3.
Bagi MKKS dan
FMKK
Terwujudnya MKKS dan FMKKS sebagai wadah komunikasi, pembinaan, dan
peningkatan profesionalisme kepala sekolah yang terpercaya
4. Bagi Pemerintah, Pemerintah Provinsi, dan Pemerintah Kabupaten/Kota
Tersedianya model pembinaan organisasi profesi kepala sekolah yang profesional untuk meningkatkan mutu pendidikan di tingkat provinsi dan kabupaten/kota.
5. Bagi Peserta Didik
Terwujudnya MKKS dan FMKKS sebagai wadah komunikasi, pembinaan, dan
peningkatan profesionalisme kepala sekolah yang terpercaya
4. Bagi Pemerintah, Pemerintah Provinsi, dan Pemerintah Kabupaten/Kota
Tersedianya model pembinaan organisasi profesi kepala sekolah yang profesional untuk meningkatkan mutu pendidikan di tingkat provinsi dan kabupaten/kota.
5. Bagi Peserta Didik
Keterlibatan
peserta didik dalam proses pembelajaran yang aktif, kreatif, inovatif,
bermakna, dan
menyenangkan. Peserta didik dapat mengembangkan semua kemampuan personalnya.
menyenangkan. Peserta didik dapat mengembangkan semua kemampuan personalnya.
B. Dampak
a. Meningkatnya
mutu layanan pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna bagi peserta didik
dalam pengembangan diri dan pencapaian standar kompetensi lulusan.
b. Terbangunnya
komunitas profesional kepala sekolah yang kondusif dalam melaksanakan
tanggungjawab profesinya.
c. Terbangunnya
budaya belajar yang keberlanjutan bagi kepala sekolah yang berdampak positif
terhadap peningkatan kinerja sekolah.
d. Terjalinnya
kerjasama antar sekolah dalam pengembangan kreativitas dan inovasi layanan
pendidikan serta meningkatnya kesadaran untuk saling bertukar informasi
pengetahuan, keterampilan dan budaya kerja yang berkualitas dalam kerangka
peningkatan mutu pendidikan.
e. Meningkatnya
dukungan dan kepercayaan masyarakat terhadap sekolah.
f. Meningkatnya
hasil belajar peserta didik.
g. Diakuinya
MKKS dan FMKKS sebagai wadah pembinaan dan peningkatan
h. profesionalisme kepala sekolah yang terstruktur, terencana, dan berkesinambungan.
h. profesionalisme kepala sekolah yang terstruktur, terencana, dan berkesinambungan.
Sumber : Buku Pedoman DBL MKKS 2010
Tidak ada komentar:
Posting Komentar